7 Jamu Awet Muda Buatan Sendiri, Dijamin Enak dan Gampang

7 Jamu Awet Muda Buatan Sendiri, Dijamin Enak dan Gampang

Jamu merupakan minuman tradisional yang telah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita untuk menjaga kesehatan sejak dahulu kala. Bahkan, tak sedikit pula jenis jamu yang berfungsi untuk mengobati penyakit dan menjaga penampilan agar senantiasa tampil cantik alami. Jamu bukanlah sembarang minuman, karena bahan-bahan dasar yang digunakan adalah rempah alami asli Indonesia dengan beragam khasiat.

Di tengah perkembangan industri kecantikan saat ini, masih banyak wanita yang memilih perawatan alami untuk membuat dirinya tampak awet muda. Salah satunya dengan mengonsumsi jamu awet muda buatan sendiri.

Jamu Awet Muda Buatan Sendiri yang Bisa Anda coba di Rumah

Jamu Awet Muda Buatan Sendiri yang Bisa Anda coba di Rumah

Bukan hanya enak, jamu awet muda buatan sendiri juga lebih higienis. Anda pun tak perlu bersusah payah membuatnya karena hampir semua bahan yang digunakan mudah ditemukan dengan harga terjangkau.

Penasaran bagaimana nikmatnya minuman tradisional yang dibuat sendiri di rumah? Simak ulasannya menurut teamwebplayer di bawah ini.

1. Beras kencur

Beras kencur merupakan salah satu jenis minuman tradisional khas Indonesia yang paling banyak disukai. Pasalnya, jamu satu ini memiliki rasa yang segar dan manis. Bukan hanya membuat badan terasa lebih bugar dan segar, beras kencur juga bagus diminum oleh wanita karena terbukti mampu mengatasi jerawat dan membuat kulit lebih cerah. 

Seperti namanya, Anda hanya membutuhkan beras dan kencur untuk membuat minuman ini. Beri tambahan resep seperti sedikit jahe, asam, kunyit, kedaung, dan kapulaga agar lebih nikmat. Perlu Anda ingat, jamu beras kencur ini paling nikmat disajikan dalam keadaan dingin.

2. Jamu bersih darah

Jamu bersih darah biasanya banyak ditemukan dalam bentuk kemasan di toko-toko obat ataupun depot jamu di sekitar rumah Anda. Namun, Anda juga bisa membuat jamu ini di rumah karena bahan-bahannya mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

Salah satu jenis jamu awet muda buatan sendiri ini berkhasiat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti bisul, jerawat, dan noda hitam di wajah. Bahan-bahan yang Anda perlukan antara lain, kunyit, temu ireng, temulawak, daun pegagan, akar alang-alang, daun bidara laut, dan kulit kayu pulai.

Cara membuatnya mudah, cukup rebus semua bahan tersebut setelah dicuci dan dikupas kulitnya. Setelah air rebusan mendidih, saring airnya dan tunggu sampai benar-benar dingin. Minum jamu bersih darah ini dua kali sehari sebelum makan untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Jamu gepyokan

Kata gepyokan berasal dari Bahasa Jawa yang artinya dipukul-pukul. Sebab, untuk membuat minuman tradisional ini seluruh bahannya harus dipukul atau digeprek. Adapun beberapa bahan yang Anda butuhkan adalah lengkuas, kencur, kunyit, jahe, temulawak, daun katuk, lempuyang, dan temu giring. Setelah digeprek, semua bahan tersebut diberi tambahan gula merah dan direbus.

Jamu gepyokan ini bisa Anda manfaatkan untuk mengecilkan perut dan menghilangkan bau badan tak sedap. Anda bisa meminumnya dalam keadaan dingin maupun hangat. Selain untuk kecantikan, jamu satu ini juga bisa memperlancar ASI bagi para ibu menyusui.

4. Jamu pahitan

Sesuai dengan namanya, minuman tradisional satu ini memiliki rasa yang tergolong pahit. Sebab, jamu pahitan mengandung bahan-bahan seperti, brotowali, lempuyang, sambiloto, serai, lengkuas, daun meniran, widoro laut, temu ireng, widoro putih, dan adas yang semuanya pahit.

Jamu pahitan bermanfaat mencegah jerawat, mencegah bau badan, melancarkan peredaran darah, dan mengatasi gatal-gatal pada kulit. Dengan mengonsumsi jamu pahitan ini secara rutin, maka Anda akan tampak segar dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

5. Kunci sirih

Kunci sirih menjadi salah satu jamu awet muda buatan sendiri yang paling banyak dikonsumsi oleh wanita Indonesia. Hal ini disebabkan karena kunci sirih bermanfaat bagi kecantikan, seperti mengurangi keputihan, merapatkan organ kewanitan, mengatasi bau tak sedap, mencegah peradangan, dan memperkuat email gigi.

Untuk membuat minuman tradisional ini, Anda bisa mengolah daun sirih yang telah dicampur temu kunci dan gula merah. Tambahkan juga beberapa bahan lain, seperti jahe, kencur, kunyit, kayu manis, asam jawa, kapulaga, serai, air perasan jeruk nipis, garam, gula merah, dan majakani untuk manfaat yang lebih optimal.

6. Kunyit asam

Minuman tradisional berikutnya yang juga dikenal sebagai jamu awet muda adalah kunyit asam. Selain dipercaya mampu memancarkan kecantikan alami, minuman ini juga dapat menurunkan berat badan, melancarkan siklus haid, mencegah nyeri haid, dan membuang racun tubuh. Kunyit asam mengandung vitamin A dan C yang bisa membuat kulit Anda bercahaya serta bebas dari jerawat dan noda hitam.

7. Sinom

Sinom seringkali diminum setelah mengonsumsi jamu yang pahit karena memang memiliki rasa manis dan menyegarkan. Bahan utamanya adalah sinom atau daun asam jawa yang masih muda, kayu manis, kunyit, kapulaga, dan gula merah.

Sinom bisa membuat badan Anda terasa lebih segar dan membantu proses detoksifikasi dari dalam. Apabila racun yang ada di tubuh terbuang, maka kulit akan tampak lebih cerah dan bebas dari jerawat.

Itulah mengapa sinom jadi salah satu jamu awet muda buatan sendiri yang digemari banyak kalangan.  Demikian beberapa jamu awet muda buatan sendiri yang bisa Anda coba dan buktikan manfaatnya. Selamat mencoba dan jangan lupa dibagikan ya!.

Ananda

Penulis, Penyuka Kopi dan Periang

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page