8 Jenis Jamu Penyubur Kandungan Buatan Sendiri

8 Jenis Jamu Penyubur Kandungan Buatan Sendiri

Anda sudah menikah bertahun-tahun tapi masih kesulitan untuk mendapatkan momongan? Pastinya, solusi terbaik untuk menghadapi masalah ini adalah memeriksakan diri ke dokter kandungan. Namun, tak ada salahnya juga jika Anda ingin mencoba solusi alternatif seperti mengonsumsi jamu penyubur kandungan buatan sendiri.

Bahan Alami Untuk Jamu Penyubur Kandungan Buatan Sendiri

Daun jelatang Bahan alami untuk jamu penyubur kandungan buatan sendiri

Ada beberapa penyebab masalah kesuburan. Mulai dari ketidakseimbangan hormon, rahim yang lemah, PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome, dan lain sebagainya. Nah, masalah tersebut sebenarnya juga bisa diatasi dengan mengonsumsi bahan-bahan alami untuk dijadikan jamu penyubur kandungan buatan sendiri. Jadi, langsung simak saja cara membuatnya menurut templayerweb berikut ini.

1. Akar licorice

Bahan pertama yang bisa Anda jadikan jamu penyubur kandungan buatan sendiri di rumah adalah akar licorice. Jamu ini mampu meningkatkan fungsi kelenjar endokrin yang kemudian membuat hormon tubuh jadi lebih seimbang. Selain itu, akar licorice juga ampuh untuk membersihkan rahim.

Anda cukup menyeduh akar licorice menggunakan air panas, lalu minum airnya setelah beberapa saat. Minum secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Bawang putih, daun sirih, dan kencur

Selain akar licorice, ada juga beberapa bahan yang berfungsi untuk membersihkan rahim yaitu, bawang putih, daun sirih, dan kencur. Ketiga bahan tersebut sangat ampuh terutama untuk Anda yang pernah mengalami keguguran.

Resepnya mudah, hancurkan ketiga bahan tersebut, beri tambahan air dan peras airnya. Minum air perasan tersebut dengan campuran madu saat pagi hari. Akan lebih baik lagi jika Anda mengonsumsinya saat sedang menstruasi.

3. Ginseng

Akar ginseng dikenal mampu mengobati gangguan pada rahim. Jamu yang terbuat dari ramuan ginseng sangat baik untuk menyuburkan kandungan karena meningkatkan ukuran sel telur saat memasuki masa subur. Ginseng juga sangat penting untuk menjaga hormon tubuh jadi lebih seimbang.

Anda hanya perlu menyeduh akar ginseng, seperti minum teh. Konsumsi jamu ini ketika Anda memasuki masa subur. Dijamin, penyebab masalah kehamilan pun segera sirna.

4. Daun jelatang

Selama ini, daun jelatang dianggap sebagai tanaman yang berbahaya karena memiliki zat yang menyebabkan rasa gatal jika terkena kulit. Namun ternyata, daun jelatang bisa menyuburkan kandungan dan sangat baik untuk kesehatan ginjal.

Daun jelatang diketahui mampu membantu sel telur bertahan lebih lama dan menjaga kualitasnya. Jamu penyubur kandungan buatan sendiri ini sangat aman dikonsumsi karena mengandung vitamin K yang baik untuk pembentukan darah selama hamil.

Cara membuat jamu daun jelatang cukup mudah. Anda hanya perlu menyeduh daun jelatang segar dengan air mendidih atau merebusnya seperti membuat teh.

5. Jahe dan lempuyang

Mengonsumsi berbagai jenis makanan untuk kesuburan wanita saja tidak akan cukup membuat Anda cepat hamil. Apalagi bagi Anda yang pernah mengalami masalah kesuburan, seperti endometrium dan penyakit kista.

Salah satu solusi alternatif yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah kesuburan ini adalah dengan mengonsumsi jamu dari jahe dan lempuyang. Kedua bahan ini mengandung senyawa alami, seperti gingerol yang membantu membersihkan racun pada rahim. Anda cukup merebus kedua bahan ini seperti membuat teh pada umumnya, lalu beri tambahan sedikit madu sebelum meminumnya.

6. Semanggi merah

Jenis jamu penyubur kandungan buatan sendiri yang juga sangat baik untuk kesuburan berikutnya adalah jamu semanggi merah. Ramuan ini sangat ampuh untuk meningkatkan peluang kehamilan karena kaya akan kalsium dan magnesium. 

Semanggi merah juga akan membantu menyeimbangkan hormon tubuh, menjaga kadar pH, dan memberi pengaruh untuk proses konsepsi jelang kehamilan. Untuk membuatnya, cukup seduh daun semanggi merah seperti membuat teh. Anda juga bisa mencampur teh semanggi merah ini dengan daun mint untuk menambah kesegarannya.

7. Tauge kacang hijau dan daun pakel

Jamu penyubur kandungan buatan sendiri yang terakhir adalah jamu yang terbuat dari tauge kacang hijau dan daun pakel. Kedua bahan ini kaya akan asam folat yang sangat memengaruhi proses kehamilan.

Asam folat diketahui mampu meningkatkan kesuburan karena memberikan nutrisi pada rahim agar lebih siap sebagai tempat berkembangnya embrio. Cara membuat jamu ini dengan merebus kedua bahan tersebut. Kemudian, saring dan minum air rebusannya menjelang dan setelah menstruasi saat mendekati masa subur.

Nah, itu tadi daftar jamu penyubur kandungan buatan sendiri agar cepat hamil yang bisa Anda konsumsi. Semua jamu ini tergolong aman dan mampu meningkatkan kesehatan rahim secara alami. Namun, jauh lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi dengan dokter sehingga jamu-jamu di atas bisa lebih aman untuk tubuh.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa dibagikan ya!

Ananda

Penulis, Penyuka Kopi dan Periang

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page