Mengulik Fakta Khasiat Daun Seledri untuk Menurunkan Berat Badan

Mengulik Fakta Khasiat Daun Seledri untuk Menurunkan Berat Badan

Umumnya, daun seledri dijadikan tambahan dalam beberapa menu makanan, seperti bubur ayam ataupun sayur sop. Namun saat ini, seledri justru lebih sering dijadikan jus yang tengah populer di kalangan masyarakat. Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena banyak orang percaya dan ingin mencoba khasiat daun seledri untuk menurunkan berat badan.

Berkat kecanggihan teknologi masa kini, jus seledri pun kian digemari dan jadi menu andalan banyak orang untuk mengurangi berat badan. Tak sedikit influencer yang mengunggah kebiasaan barunya mengonsumsi jus daun seledri demi mendapatkan tubuh yang sehat sekaligus ramping.

Tapi benarkah, seledri memiliki efek positif dalam program diet? Berikut ulasan selengkapnya mengenai khasiat daun seledri untuk menurunkan berat badan.

Khasiat Daun Seledri untuk Menurunkan Berat Badan dipengaruhi oleh Kandungan Vitamin dan Mineral di dalamnya

Khasiat Daun Seledri untuk Menurunkan Berat Badan dipengaruhi oleh Kandungan Vitamin dan Mineral di dalamnya

Meski hanya dijadikan sebagai bahan tambahan di dalam menu masakan, daun seledri sebenarnya memiliki banyak manfaat dan khasiat luar biasa. Hal ini disebabkan karena seledri mengandung banyak vitamin dan mineral.

Mulai dari vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, mangan, folat, kalium, magnesium, dan riboflavin. Bahkan, daun seledri diklaim memiliki sifat antioksidan yang cukup kuat.

Daun seledri juga memiliki persentase air dan elektrolit dosis tinggi yang mampu membantu mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh. Jadi jangan heran, jika sejak dahulu kala, tanaman satu ini memang telah digunakan sebagai bahan baku pengobatan herbal.

Seledri memang terbukti ampuh untuk mengatasi asam urat, reumatik, nyeri sendi, melindungi lapisan lambung, menurunkan kolesterol, hingga pengusir nyamuk. Daun seledri juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi peradangan.

Senyawa kimia yang terkandung di dalam daun satu ini berfungsi sebagai anti-kolesterol dan anti-hipertensi. Bukan hanya itu saja, seledri mengandung salah satu komponen kimia bernama alkaloid yang telah terbukti efektif mencegah risiko kejang pada tubuh.

Meski memiliki segudang manfaat, nyatanya khasiat daun seledri untuk menurunkan berat badan ini masih perlu lebih dibuktikan lagi secara ilmiah. Tentu saja agar lebih aman dikonsumsi dan dimanfaatkan bagi sebagian besar orang yang mengharapkan bentuk tubuh ideal.  

Gizi dan Nutrisi yang Terkandung dalam Jus daun Seledri

Para ahli mengungkap, daun seledri merupakan sumber serat alami, tapi ketika dikonsumsi dalam bentuk utuh. Menjadikan daun seledri sebagai jus justru membuat Anda kehilangan manfaat tersebut.

Perlu Anda ketahui, mengubah sayur dan buah ke dalam bentuk jus malah akan menghasilkan konsentrasi gula lebih tinggi ketimbang memakannya secara langsung. Tak peduli seberapa banyak atau sedikit gula yang terkandung di dalam sayur dan buah tersebut. Apalagi jika Anda membelinya dalam bentuk produk siap minum.

Pasalnya, jus daun seledri yang memiliki kalori dan gula relatif rendah pasti dicampur dengan jenis jus lain untuk menutupi rasa pahitnya. Hal inilah yang menyebabkan kandungan kalori dan gula di dalamnya meningkat tajam.

Fakta di balik khasiat daun seledri untuk menurunkan berat badan

Nah, setelah Anda mengetahui beragam manfaat dari daun seledri, pertanyaan berikutnya adalah apakah seledri efektif untuk menurunkan berat badan setelah diubah menjadi jus?

Ketahuilah, minum jus tidak akan secara ajaib menurunkan berat badan Anda. Jus daun seledri memang terbilang baik bagi kesehatan. Namun, Anda tidak boleh membodohi diri sendiri dengan berpikir bahwa jus seledri bisa mengatasi semua masalah yang timbul akibat pola makan tidak sehat yang selama ini Anda terapkan.

Bahkan, para ahli nutrisi mengklaim, daun seledri tidak bisa secara nyata membantu menurunkan berat badan atau menyembuhkan penyakit di dalam tubuh kita. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal Nutrients menyatakan, mengonsumsi minuman rendah kalori seperti jus seledri sebelum makan dapat meningkatkan rasa kenyang. Hal inilah yang kemudian membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan sehingga berat tubuh tetap terjaga.

Apabila Anda memilih untuk meminum jus daun seledri, pastikan juga untuk tetap mendapat serat yang cukup di dalam program diet tersebut. Makanlah lebih banyak sayuran dan buah-buahan, tapi sebisa mungkin konsumsi dalam bentuk alaminya. Percayalah, untuk memperbaiki kondisi tubuh, Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan sehat serta jangan lupa juga untuk berolahraga secara rutin.

Demikian fakta mengenai khasiat daun seledri untuk menurunkan berat badan yang perlu Anda ketahui lebih lanjut.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa dibagikan ya!

Ananda

Penulis, Penyuka Kopi dan Periang

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page