Ini Khasiat Daun Sirih untuk Wanita

Ini Khasiat Daun Sirih untuk Wanita

Daun sirih identik dengan para orang tua zaman dulu karena mereka kerap mengunyah daun tersebut. Siapa sangka, selain untuk kesehatan gigi, daun sirih memang dikenal memiliki beragam khasiat nyata bagi kesehatan. Lantas, apakah ada khasiat daun sirih untuk wanita?

Apa Benar Ada Khasiat Daun Sirih untuk Wanita?

Apa Benar Ada Khasiat Daun Sirih untuk Wanita

Saat ini, tak sedikit produk pembersih yang mengiklankan khasiat daun sirih untuk wanita. Meski demikian, daerah kewanitaan sebenarnya tak perlu dibersihkan dengan sabun semacam itu. Apalagi dibasuh dengan vaginal douche maupun air rebusan daun sirih alami.

Pasalnya, vagina memiliki mekanisme untuk membersihkan dirinya sendiri dengan mengeluarkan suatu cairan. Cairan vagina inilah yang disebut dengan keputihan. Pada dasarnya, keputihan merupakan hal yang normal terjadi asalkan jumlahnya tidak berlebih, berwarna bening atau sedikit putih, tidak disertai keluhan gatal atau nyeri, dan tidak berbau.

Membersihkan area kewanitaan cukup dilakukan satu kali sehari dengan membilasnya menggunakan waslap basah dan sabun netral yang tidak berpewangi atau tidak berbahan kimia keras. Anda juga bisa sekadar membasuhnya menggunakan tangan.

Kemudian, jaga area kewanitan tersebut agar selalu kering dan bersih dengan menggunakan celana dalam yang tidak ketat, serta memastikan bahannya menyerap keringat dengan baik.

Apabila Anda ingin mencuci vagina menggunakan sabun kewanitaan yang mengandung daun sirih, maka pastikan produk tersebut mengandung povidone iodine. Sebaiknya, bersihkan area vagina dari arah depan ke belakang untuk menghindari kuman dari anus masuk ke vagina. Pun saat menstruasi, Anda disarankan untuk mengganti pembalut secara rutin setidaknya 2-3 kali sehari.  

Apakah ada khasiat daun sirih untuk wajah para wanita?

Sebagian orang menggunakan rebusan daun sirih untuk dijadikan pembilas saat cuci muka demi mendapatkan khasiatnya. Hal ini disebabkan karena daun sirih dipercaya mengandung antioksidan bernama chavicol, zat anti-bakteri, dan anti-inflamasi yang bisa mengobati jerawat serta rasa gatal di wajah. Bahkan, khasiat daun sirih untuk wanita salah satunya adalah mampu mengatasi bintik hitam di wajah.

Bukan hanya itu saja, kandungan anti-mikroba pada daun sirih terbukti ampuh untuk mengatasi bau badan, alergi, dan gatal-gatal. Inilah salah satu khasiat daun sirih untuk wanita yang lebih banyak diketahui secara umum.

Anda hanya perlu menumbuk beberapa lembar daun sirih untuk diambil sarinya. Kemudian, campurkan dengan sedikit kunyit, lalu dioleskan di sekitar jerawat atau area tubuh yang gatal.

Namun agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu pada dokter dan ahli herbal untuk penggunaan lebih lanjut. Hal ini untuk mengurangi risiko terjadinya reaksi iritasi yang bisa saja terjadi pada kulit Anda.

Khasiat daun sirih bagi kesehatan

Bukan hanya bermanfaat untuk kecantikan para kaum hawa saja, ternyata daun sirih juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Membantu menurunkan kadar gula darah

Para ahli mengungkap, meminum segelas air rebusan daun sirih atau daun sirih yang dikeringkan kemudian dihaluskan hingga menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Hal ini disebabkan adanya kandungan antioksidan yang bisa mengurangi kadar stres oksidatif penyebab kerusakan sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. Bahkan, suatu penelitian melaporkan, daun sirih tidak memiliki efek samping apapun sehingga aman untuk dikonsumsi.

Meski demikian, bukan berarti daun sirih bisa dijadikan satu-satunya pengobatan bagi para penderita diabetes. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter sebelum meminum rebusan daun sirih untuk memastikan tidak ada risiko efek samping atau interaksi yang berlawanan dengan kerja obat yang dikonsumsi.

Umumnya, daun sirih memang hanya digunakan sebagai pengobatan pendamping obat medis untuk mengendalikan gejalanya. Tentu saja, Anda juga harus mengimbanginya dengan mengatur pola makan dan rajin berolahraga.

2. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Khasiat daun sirih lainnya adalah mempercepat penyembuhan luka bakar pada kulit. Sebab, kandungan antioksidannya mampu memperlancar proses penyembuhan luka. Daun sirih juga dikenal sebagai obat antiseptk luar biasa yang mampu memberikan perlindungan ganda dari infeksi kuman karena kaya akan polifenol.

3. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Salah satu khasiat daun sirih untuk wanita yang dipercaya hingga kini adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi. Mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang paling rentan akan pertumbuhan bakteri. Dengan mengunyah daun atau berkumur dengan air rebusan daun sirih, maka Anda menghambat pertumbuhan bakteri mulut.

Selain itu, daun sirih juga ampuh untuk mencegah gigi berlubang dengan menetralisir asam yang dihasilkan oleh bakteri. Mengunyah daun sirih dan biji pinang juga dikatakan dapat memicu produksi air liur.

Nah, air liur mengandung beragam jenis protein dan mineral yang baik guna menjaga kekuataan gigi serta mencegah penyakit gusi. Bukan hanya itu saja, air liur juga membantu membersihkan gigi dan gusi dari sisa makanan atau kotoran yang menempel saat proses mengunyah makanan.

Itulah tadi beberapa khasiat daun sirih untuk wanita menurut teamplayerweb yang perlu Anda ketahui.

Semoga informasi tersebut bermanfaat dan jangan lupa dibagikan ya!

Ananda

Penulis, Penyuka Kopi dan Periang

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page