Pagi atau Malam Hari? Ini Waktu yang Tepat untuk Olahraga

Ini Waktu yang Tepat untuk Olahraga

Olahraga telah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi para pecintanya. Apalagi, tempat-tempat olahraga semakin mudah ditemui di mana pun, bahkan di pusat-pusat perbelanjaan. Dengan berolahraga, bukan hanya sekadar membentuk penampilan fisik yang menarik saja, tapi juga meningkatkan produktivitas dan kesehatan tubuh.

Sebagian orang terbiasa berolahraga di pagi hari setelah bangun tidur. Namun ada juga yang memilih untuk berolahraga di sore hari setelah beraktivitas. Dari kedua waktu tersebut, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk olahraga?

Waktu yang Tepat untuk Olahraga Tergantung Pada Selera Masing-masing Individu

Waktu yang Tepat untuk Olahraga Tergantung Pada Selera Masing-masing Individu

1. Olahraga di pagi hari bagus untuk membakar lemak tubuh

Menurut Anthony Hackney, profesor dari University of North Carolina Chapel Hill, olahraga setelah bangun tidur di pagi hari adalah cara paling ideal untuk membakar lemak dan cocok bagi para pelaku diet. Pasalnya, sebagian besar komposisi hormon tubuh di pagi hari telah dikondisikan untuk membakar lemak yang memengaruhi penampilan.

Merujuk pada makalah yang dipublikasikan oleh Journal of Physiology, olahraga yang dilakukan tepat jam tujuh pagi mampu menggeser alarm tubuh lebih awal. Artinya, hal ini bisa meningkatkan kewaspadaan di pagi hari dan membuat tubuh lebih lelah di malam hari yang berpotensi memberikan waktu istirahat yang cukup.

Olahraga di pagi hari juga menghasilkan keringat yang membuat kesehatan mental dan produktivitas jadi lebih baik. Sebab, olahraga bisa mengurangi stres.

2. Olahraga di sore hari mampu meningkatkan performa tubuh

Tak ada salahnya jika Anda memilih untuk berolahraga di sore hari. Bisa jadi memang itu karena kesibukan atau Anda bukan tipikal morning person sehingga lebih nyaman untuk berolahraga di sore hari.

Bila olahraga di pagi hari sangat cocok untuk membakar lemak, maka olahraga di sore hari mampu meningkatkan performa tubuh karena asupan makanan di siang hari. Perlu Anda ketahui, setiap kali Anda makan, kadar gula darah dalam tubuh akan meningkat. Gula dalam bentuk glukosa darah merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan jika Anda ingin bekerja pada intensitas yang lebih tinggi.

Olahraga di sore hari juga bisa dijadikan alternatif untuk menghindari penurunan performa secara drastis. Berdasarkan studi dari Journal of Physiology, olahraga pada jam 1 siang hingga 4 sore dapat menggeser alarm tubuh seperti halnya olahraga di pagi hari. Bahkan, olahraga di sore hari bisa membantu Anda untuk lebih berkonsentrasi.

Current Biology pun pernah mempublikasikan sebuah penelitian, bahwa tubuh manusia membakar kalori sekitar 10 persen atau 130 kalori lebih banyak di sore hari ketimbang pagi dan malam. Pembakaran kalori ini belum termasuk saat Anda berolahraga.

3. Berolahraga di malam hari justru merangsang kadar hormon ghrelin

Banyak juga orang yang memilih olahraga di malam hari karena kesibukan dan berbagai alasan lainnya. Meski demikian, tak sedikit pula yang percaya bahwa olahraga malam hari justru membuat tubuh jadi lebih lelah dan kesulitan untuk tidur.

Padahal, berdasarkan penelitian dari Experimental Physiology berolahraga antara jam 7 sampai 10 malam justru menunda alarm tubuh dan menerjemahkan ke waktu tidur berikutnya. Bahkan, jika Anda ingin tidur nyenyak, yoga bisa membantu untuk mengatasinya sekaligus mengurangi stres setelah beraktivitas seharian.

Berdasarkan jurnal yang sama, ditemukan pula fakta bahwa, olahraga di malam hari sama sekali tidak mengganggu jam tidur. Hal ini justru dapat mengurangi kadar hormon ghrelin yang merangsang rasa lapar. Pastinya, cara ini dapat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Jadi, kesimpulan yang bisa kita dapatkan adalah olahraga di pagi, sore, ataupun malam hari tergantung selera masing-masing individu. Setiap orang pasti memiliki jawabannya sendiri.

Satu dengan lainnya akan saling mempertahankan argumen sehingga yang terjadi berikutnya adalah terbentuknya kubu pagi, sore, dan petang. Namun kembali lagi, semua itu tetap menyesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap individu bersangkutan.

Olahraga mampu meningkatkan kondisi jiwa dan raga untuk membuat keputusan serta kedisiplinan seiring berjalannya waktu. Apabila Anda melakukannya di pagi hari, maka lakukanlah. Jika Anda ingin berolahraga di malam hari, Anda pun bisa melakukannya.

Jadi sebenarnya, tak ada batasan khusus kapan waktu yang tepat untuk olahraga. Semuanya kembali pada kepentingan masing-masing.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa dibagikan ya!

Ananda

Penulis, Penyuka Kopi dan Periang

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page